Selasa, 26 Juni 2012

Ma'sud Dari Lagulagu anehnya Blink 182


Blink 182 Naked Moment haha..

1. Dumpweed
"Semua ini tentang harapan kalau kita punya cewek yang bisa kita latih. Waktu nulis lagu ini gue inget anjing gue. Kita bisa ngelatih anjing untuk duduk, diam, dan jadi anjing yg baik. Tapi kita nggak bisa ngajarin cewek untuk berbuat sesuatu. Jadi gue kira keren banget kalo gue nulis lagu tentang... Jika kita punya cewek yang bisa kita latih kayak anjing. Itu bisa jadi keren banget, karena dia nggak bisa bikin kita marah, dan dia bisa jadi seorang wanita. Dan wanita adalah jenis yang berbeda. So that song was written [like] 'As if...'." (Tom)


2. Don't Leave Me

"Mark yang nulis lagu ini, jadi gue nggak bisa ngomong apa yang terjadi di pikirannya waktu dia nulis lagu ini. Tapi gue bisa tau sedikit artinya dari liriknya. Dia nulis lagu ini waktu dia nggak punya cewek, jadi gue nggak tau juga lagu ini tentang siapa. Kadang kita nulis lagu tentang relationship yang sebenernya nggak punya maksud apa-apa waktu menulisnya. Gue kira ini kayak perasaan waktu elo bener-bener lagi jatuh cinta sama seorang cewek. Menurut gue artinya kayak gitu. Setiap waktu elo cuma berpikir tentang menyukai cewek, padahal cewek itu nggak suka ama elo, dan dia pikir elo itu
scumbag. Jadi lagu ini kayak berdoa ke cewek. Selalu berharap kalau elo nggak akan membuat cewek itu sebel, selalu berharap kalo cewek itu akan mencintai elo. Kita bicara untuk semua cowok, kita nulis lagu dengan harap cewek-cewek akan kayak kita, dirty rotten boys for a long time."(Tom)

3. Aliens Exist

"Hobi gue baca buku dan belajar tentang UFO dan konspirasi pemerintah. Jadi gue nulis lagu tentang cowok yang berbicara tentang alien, meskipun dia punya pengalaman aneh dengan alien tapi nggak ada yang mempercayainya, mereka kira dia cuma omong kosong. Tapi dia langsung memberitahukan kepada pemerintah tentang pengalamannya itu, karena pemerintah pasti tau sesuatu telah terjadi. Tapi gue salah satu orang aneh yang bener-bener percaya hal itu ada. Gue pikir kalo seseorang di luar sana melakukan sedikit penelitian, mereka pasti akan menemukan sesuatu, seperti adanya kehidupan lain selain di bumi dan semacamnya. Gue pikir ini cuma lagu keren dari semua kesimpulan itu. Gue baca buku tentang penculikan, dan ada beratus-ratus dari beribu-ribu orang setahun mempunyai pengalaman di malam hari dan mereka nggak tau apa itu, mereka hanya tau apa yang mereka lihat dan yang mereka rasakan, tapi nggak ada yang mempercayai mereka." (Tom)

4. Going Away To College

"Ini lagu super-romantis. Mark nulis lagu ini seolah-olah elo adalah cowok yang berpisah dari pacarnya setelah bertahun-tahun sekolah bareng. Setelah tamat SMU, saat elo udah mau kuliah, dan elo bilang ama cewek ini kalo elo udah lama suka ama dia, tapi kayaknya elo berdua nggak mungkin jadian karena elo dan dia setelah lulus sekolah akan berpisah. Gue pikir nggak ada yang lebih romantis daripada itu. Ini adalah lagu sedih. Ini salah satu lagu kesukaan gue, dan dari cara liriknya yang menyatu dengan musiknya, gue cuma berpikir ini sungguh sedih, lagu yang emosional. Elo mungkin kencan dengan cewek di SMU dan tumbuh besar dengannya, dan belajar banyak tentang diri masing-masing, dan bersama-sama dalam suka dan duka, dan sekarang elo harus pergi untuk kuliah. Apakah elo tetap bersamanya? Apa elo putus ama dia? Apa elo punya keyakinan tentang hubungan ini? Gua nggak tau. Menurut gue ini adalah tema lagu yang keren." (Tom)


5. What's My Age Again

"Mark nulis lagu ini karena waktu itu dia berumur 27 tahun, dan dia biasa berputar-putar di lantai sambil telanjang dan melakukan hal yang nggak sopan di depan seorang cewek, lalu dia akan tertawa. Dia pikir itu sangat lucu. Dan si cewek itu akan menyukainya, 'Berapa umurmu?' tanya cewek itu pada Mark. Dan itu sebabnya dia nulis lagu ini." (Tom)


6. Dysentery Gary

"Gue nulis lagu ini dari suatu kesimpulan. Bagaimana kalo kamu adalah seorang laki-laki yang menyukai seorang cewek, tapi cewek ini suka ama cowok lain? Itu seperti, 'Gue benci cowok itu, tapi gua nggak yakin kenapa gua benci dia'. Dari situlah lagu ini muncul. Cowok ini sangat frustasi karena si cewek nggak suka ama dia, jadi dia pergi bersenang-senang dengan teman-temannya." (Tom)


7. Adam's Song

"Mark membaca surat dari seseorang yang dikirimkan melalui email. Surat itu ternyata dari seorang anak yang melakukan tindakan bunuh diri. Surat itu ditulis sebelum si anak bunuh diri. Kita nulis lagu ini dengan sedih, lagu yang slow. Ternyata lebih sedih dari yang kita bayangkan, dan itu bisa jadi lagu yang bagus. Lagu apa pun yang dapat menyentuh hati itu bagus. Beberapa orang mendengarkannya dan bilang, 'Wow, that's a real bum-out of a song'. Tapi itu salah satu dari sekian banyak hal, sebuah cerita tentang seorang anak yang hidupnya tidak bahagia, dia ikut bersama kita dan sangat kesepian selama tour. Akhirnya ada jalan yang lebih baik, ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan selain membunuh dirimu." (Tom)


8. All The Small Things

"All The Small Things adalah lagu yang gua tulis untuk cewek gua. Gua harus membuatkannya sebuah lagu, karena gua udah menulis banyak lagu tentang cewek, tapi gua nggak pernah nulis satu pun buat cewek gua. Jadi gua nulis lagu ini tentang dia. Tapi gua takut kalo ternyata lagu ini jelek, cewek gua bakalan marah. Jadi gua udah ngasih tau dia dulu kalo-kalo ternyata lagu ini jelek. Tapi ternyata lagu ini banyak disukai orang, jadi gua seneng banget. Lirik-lirik di lagu ini semuanya beneran kayak di potongan lirik ini - 'She left me roses by the stairs'. Gue inget, suatu malam sekitar tengah malam, gua telat dateng ke rumah dan dia meninggalkan bunga mawar di tangga rumah gua karena gua kerja lembur setiap malem di studio." (Tom)


9. The Party Song

"Lagu ini tentang: pergi ke suatu pesta dan orang-orang jadi pada mabuk dan bertindak bodoh, dan cewek-cewek mencoba untuk jadi pusat perhatian. Gue kira kita semua udah pernah ke pesta semacam itu, dimana ada sekumpulan cowok merangkak di atas tiga cewek yang nggak mendapat perhatian." (Tom)


10. Mutt

"Lagu Mutt gue tulis tentang temen gue yang namanya Benji Weatherly, seorang peselancar profesional yang setiap waktu ngelakuin sex. Namanya Benji, tapi orang-orang manggil dia Mutt, dan ini cuma lagu tentang seorang cowok dan cewek yang suka make love dan yang nggak peduli dengan yang lainnya. Gue kira itu nggak papa, selama mereka bisa having fun." (Tom)


11. Wendy Clear

"Mark nulis lagu Wendy Clear ini tentang cewek yang disukain ama Mark. Mark suka cewek ini, tapi dia nggak bisa nge-date ama 'tu cewek, karena si cewek itu adalah orang yang sangat berpengaruh dalam industri musik. Jadi susah banget buat nge-date ama dia. 'I wish it didn't have to be so bad,' kata Mark di salah satu lirik lagunya." (Tom)


12. Anthem

"Lagu Anthem gue tulis tentang seseorang yang mengadakan pesta di rumah loe, orang tua loe pulang ke rumah dan tau kalo elo lagi ngadain pesta. Gue pernah ngelakuin itu di rumah temen gue. Gue nyuruh band gua untuk maen - di sekolah - di rumah temen gue. Orang tuanya pergi sampe tengah malam, tapi gue tetep bilang ama temen-temen sekolah kalo kita akan maen di sana. Ratusan orang dateng, dan mereka harus pergi, dan kita harus nge-bersihin rumahnya sebelum orang tuanya dateng jam 12. Waktu itu lucu banget. Semua tempat yang penuh dengan serpihan makanan udah kami bersihin, tapi tiba-tiba polisi datang dan orang tuanya mengetahui tentang pesta itu. Jadi temen gue itu dapet banyak masalah. Gue nggak percaya, gue ngundang semua orang dan orang tuanya cuma pergi sampe tengah malam. Stereonya rusak... tadi sempet ada yang berantem, ada banyak bercak darah di mana-mana. It was so funny."(Tom)


13. Dick Lips

"Lagu ini ditulis sama Tom, dan dia nggak punya judul untuk lagu ini. Di hari waktu kita nge-rekamnya, produsernya nanya apa judul lagu ini, dan Tom masih nggak tau. Di hari yang sama, gua nemu sebuah kalimat 'Dick Lips' dan gua nyebut semua orang dengan kalimat itu. Waktu Trombino nanya judul lagunya ama Tom, gua nyaranin judulnya dick lips aja, dan Tom kayaknya menyukainya. Kita sebenernya mau nyari judul yang lebih bagus. Tapi lagunya udah keburu mau direkam, jadi ya udah kita pake judul itu 'Dick Lips'."


14. Apple Shampoo

"Lagu ini tentang seorang cewek yang gua taksir, dan dia biasa make sampo apel, dan rambutnya selalu beraroma apel."(Tom)


15. Emo

"Sebenernya Emo adalah gaya dalam musik, dan waktu menulisnya kami pikir lagu ini kedengaran kayak lagu emo. Selama kami nge-dengerin lagu ini, kita bilang, 'Hey, ayo kita mainkan lagu emo lagi'. Jadi lagu ini kita beri judul Emo." (Tom)


16. A New Hope

"Sebenernya ini adalah judul film star wars. Waktu intro-nya kata A New Hope ini mucul di layar."(Tom)


17. Lemmings

"Lemming adalah binatang yang saling mengikuti satu sama lain dan berlari dari jurang ke laut menuju ke kematiannya. Lagu ini tentang seorang teman lama yang berharap setiap orang untuk mengikuti apa yang dia katakan dengan benar. Sebenernya yang dia katakan itu benar, tapi bener-bener bodoh. Dia berharap kita bisa jadi lemming."(Tom)


18. Anthem Part Two

"Gue suka banget ama lagu ini. Ceritanya kita jadi anak kecil yang bandel banget, kalo orang-orang bilang kita bandel banget, dan gua salah, dan gua harus merubah tingkah gue, hey... ini salah elo (orang dewasa) karena mereka yang milihin sekolah gue, hukuman gua, dan yah... semuanya." (Tom)


19. Online Song

"Elo pernah 'kan putus ama cewek? Yeah, gue juga. Lagu ini tentang perasaan kita yang ancur waktu hubungan kita berakhir. Tom paling tau gimana perasaan ini. Dia nggak punya temen. Cewek-cewek membencinya, dan dengan alasan yang bagus. Jadi menurut gue lagu ini bener-bener tentang Tom, dan bagaimana Tom betenya waktu cewek-cewek mematahkan hatinya." (Mark)


20. First Date

"Semua cowok pasti gugup, terserah mau ngaku apa enggak. Gue pikirin tentang kencan pertama gue sama cewek gua dan menulis semua perasaan gua di lagu ini. Kalo mereka minta cium, gampang banget, mereka tinggal membuka wajahnya dan lakukanlah. Untuk cowok, kamu harus berharap sama Tuhan dia mau juga, jika tidak, berarti kamu pecundang dan pulang dengan kecewa. Pernahkah kalian mencium seseorang dengan nafas yang bau? Jangan pernah mencium seseorang yang abis makan kotoran anjing." (Tom)


21. Happy Holidays, You Bastard

"Lagu ini bener-bener bikin orang tuamu marah. Gue nulis lagu ini waktu malem natal, karena gue lagi bungkusin kado-kado natal, dan gue lagi punya masalah. Gue ambil gitar dan bikin lagu tentang perasaan gue saat itu. Gue selesai bungkus kado pukul 3 pagi." (Mark)


22. Story Of A Lonely Guy

"Lagu lain tentang sakit hati. Gue inget, selalu merasa dunia mungkin sedikit berbeda, jika semua orang bukanlah seorang pengecut, dan berkata pada semua orang yang mereka suka. Masalahnya adalah, orang terlalu takut untuk ditolak. Berapa kali kamu melihat orang di suatu tempat tanpa berkata apa-apa. Lain kali, kalo kamu suka seseorang, katakan sesuatu. Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah jika mereka tersenyum sambil bilang 'terima kasih' atau 'tidak, terima kasih'. (Tom)


23. The Rock Show

"Beberapa tahun yang lalu, ada sebuah club di San Diego yang bernama 'Soma'. Club itu temboknya penuh coretan, mana bau, suaranya nyebelin, dan toiletnya selalu bumpet dan banjir. Itu yang terbaik, kami menyukainya. Kita selalu menonton band yang main di sana setiap weekend. Blink-182 main pertama kali di club ini. Lagu ini tentang hari itu. Soma udah nggak ada lagi. Kota membencinya saat anak-anak punya tempat untuk pergi dan jalan-jalan." (Mark)


24. Stay Together For The Kids

"Perceraian menyebalkan. Sangat nyebelin. Tapi hey, gua bukan satu-satunya gitu lho. Gue pikir orang tua itu manusia juga. Coba kunci diri loe sendiri di kamar." (Mark)


25. Roller Coaster

"Gue kencan ama cewek ini, dan gue nggak bisa ngasih tau siapa pun tentang ini. Semuanya sangat menyebalkan, jadi gue bikin lagu tentang itu." (Mark)


26. Reckless Abandon

"Setiap orang punya musim panas yang menyenangkan. Lagu gue ini tentang waktu pergi ke pantai. Lagu ini tentang main skateboard dari jam 12 siang sampe jam 12 malem setiap hari dalam seminggu. Dan hampir semuanya, tentang berpesta saat orang-tua2 mereka sedang pergi." (Tom)


27. Give Me One Good Reason

"Gue ngerasa kalo cuma gue satu-satunya yang suka sama jenis musik gue. Cuma gue yang dengerin musik punk rock, beberapa temen skinhead gue. Dari gue kelas 7, cuma musik itu yang gua denger. Bagi gue punk rock itu berarti menjadi dirimu sekarang ini dan membenci orang lain. Jangan pernah mencoba untuk menjadi anak yang populer.
Fuck them. Gue udah jadi anak punk sejak gue kelas 7, saat semua fans gue masih TK." (Tom)

28. Shut Up

"Sebenernya, orang-orang mencoba menguasaimu, mengatakan padamu bagaimana kamu harus hidup, apa yang harus kamu pikirkan, bagaimana kamu harus bertindak. Ini pesan gue buat orang-orang itu. Kayak Bad Religion berkata: 'Semua orang tau apa yang terbaik buat elo'." (Mark)


29. Please Take Me Home

"Setiap cowok pasti pernah suka ama temennya sendiri. Seorang teman cewek. Bukan teman cowok. Kecuali kalo elo emang suka ama cowok, ya itu nggak papa juga. Anyway, lagu ini mendapat pengaruh yang besar dari band favorit gua, Fugazi. Ini salah satu lagu yang paling gua suka. Menurut gue, lagu ini kedengarannya keren banget. Di rekaman berikutnya akan banyak lagu seperti ini dan STFTK. Lagu-lagu kayak gini sangat mengasikan untuk dimainkan. Oh yeah, cewek-cewek mengambil hati kita dan memakannya, hati-hati
dudes."(Tom)

30. Time To Break Up

"Cowok-cowok nggak bisa menyenangkan cewek-cewek. Mereka adalah dua jenis yang nggak bisa diliat dari mata ke mata. Temen gue Blair, dia ikut berdiri di album Enema, dan dia putus ama cewek ini dan menjadi gila. Dia sadar mungkin dia nggak harus putus ama tuh cewek. Tapi, banyak orang melakukan itu. Saat kamu bersama seseorang, rumput akan selalu hijau. Lalu saat berpisah, kamu mulai melewatkan hal-hal keren yang seharusnya bisa kamu lakukan. Sebaiknya kamu harus benar-benar yakin saat mau mutusin pacar kamu, karena mungkin kamu nggak akan mendapatkan dia lagi." (Tom)


31. What Went Wrong

"Dalam lagu ini kita bermain akustik. Gue suka lagu ini. Sangat sedih, dan bagus, dan ada sedikit sentuhan klarinet di sini. Ada lagu pembuka film 'Angus' dalam lagu ini. Lagu ini terinspirasi oleh lagu tersebut. Bandnya bernama 'Love Spit Love'. Dia adalah cowok dari band tahun 80-an yang bernama Physcadellic Furs." (Tom)


32. Don't Tell Me It's Over

"Salah satu lirik yang gue suka yang pernah gua tulis adalah: 'Guys like to run, chicks love to yell you see, guys hate to fight, girls think it's therapy.' Ini lebih jujur daripada udara. Cowok lebih suka tenang, dan cewek butuh membicarakan tentang hal itu berlarut-larut." (Tom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar